Skip to content

Mengembalikan atau Menulis Kembali Partisi dengan Freeware Testdisk

Januari 26, 2009

Apa anda kehilangan Operating System anda?
tiba-tiba saja saat booting bertuliskan:

Operating System not found_

Hal itu bisa terjadi karena partisi MBR (Master Boot Record) anda bermasalah atau OS pada partisi primer anda tidak lengkap filenya. Mungkin saja Windows ataupun OS anda yang lain pada partsi pertama Partisi C: pada windows ataupun partisi sda1 pada linux mengalami bad sector sehingga saat booting kernel anda tidak ditemukan dan membuat komputer tidak bisa booting samasekali. Bahkan, ketika anda memasukkan live CD linux, semua partisi anda berstatus “Unallocated”??

Untuk mengembalikan data anda, hal yang mungkin di lakukan adalah menulis kembali partisinya. Tools gratis yang dapat di gunakan adalah testdisk. Programnya dapat anda download di sini. Freeware ini dapat digunakan untuk menulis partisi dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • DOS/Windows FAT12, FAT16 and FAT32
  • NTFS ( Windows NT/2K/XP )
  • Linux Ext2 and Ext3
  • BeFS ( BeOS )
  • BSD disklabel ( FreeBSD/OpenBSD/NetBSD )
  • CramFS (Compressed File System)
  • HFS and HFS+, Hierarchical File System
  • JFS, IBM’s Journaled File System
  • Linux Raid
  • Linux Swap (versions 1 and 2)
  • LVM and LVM2, Linux Logical Volume Manager
  • Netware NSS
  • ReiserFS 3.5, 3.6 and 4
  • Sun Solaris i386 disklabel
  • UFS and UFS2 (Sun/BSD/…)
  • XFS, SGI’s Journaled File System

Untuk menggunakan Testdisk ini, yang harus anda lakukan adalah booting komputer anda. Anda bisa saja menggunakan live CD linux, ataupun booting melalui flashdisk bahkan melalui jaringan.

Untuk memudahkan, misalnya saja anda booting meggunakan live CD punya Ubuntu. Kemudian, pilih bahasa dan pilih menu

“Try Ubuntu without any change to your computer”.

Setelah booting, buka Terminal.

Masuk sebagai root.

ubuntu@ubuntu:~$sudo su
root@ubuntu:/home/ubuntu#

Copy file installer testdisk ke komputer anda, misalkan melalui flashdisk dan ekstrak file. Karena menggunakan live CD ubuntu, flashdisk sudah ter-mount dengan sendirinya.

Ekstrak file yang ada di flashdisk saya(CICA) ke folder /opt

root@ubuntu:/home/ubuntu#tar -xjf /media/CICA -C/opt

masuk ke folder /opt/testdisk-6.10/linux

kemudian jalankan testdisk_static

root@ubuntu:/home/ubuntu#cd /opt/testdisk-6.10/linux
root@ubuntu:/home/ubuntu#./testdisk_static

Pilih “Create…”

testdisk2

Kemudian, pilih devicenya yaitu harddisk, dan “Proceed”

testdisk3

Pilih tipe partisi, misal “Intel”

testdisk4

Pilih “Analyse”

testdisk5

Lalu pilih “Quick Search”

testdisk6

Maka muncullah partisi-partisi yang sebelumnya anda buat. Pilih partisi, dengan menekan tombol kiri/kanan. Partisi yang di pilih berwarna hijau. Misalnya, partisi yang akan saya tulis lagi adalah partisi pertama dan kedua… Tekan enter

testdisk7

Jika anda masih belum menemukan partisi anda, atau anda ragu apakah partisi tersebut adalah partisi yang benar, anda dapat melakukan pencarian lagi dengan memilih “Deeper Search”.

testdisk8

Jika sudah mantap, pilih “Write”

testdisk4

Reboot komputer anda, dan partisi anda akan terbaca lagi…

Semoga berguna… Trims

About these ads
25 Komentar leave one →
  1. Juni 20, 2009 7:34 pm

    wah.,.,klo buat isi buku tamu dimana buu,.,.,aq tinggalin jejak disini aja ya,.,.,.,
    sekalian numpang tenar,.,.,
    BanpolOtak
    Otak-s

  2. Juni 20, 2009 7:39 pm

    heh??
    d guestbook mas..

  3. Juli 7, 2009 11:53 am

    wew keren banget nweh orang wah kayanya aku dah yang musti belajar dari kamu
    hehehheheh

    hahahha

    tapi serius nanti kamu ajarin aku ya nona master IT

  4. Juli 15, 2009 6:44 pm

    Saatnya pake widget skullers..!!!

    Kita tunjukkan identitas kita sebagai seorang skullers…!!

    Buka http://skullers.tf.itb.ac.id/?page_id=176

  5. Januari 9, 2010 4:15 am

    makasih ya buat info berguna ini… lagi saya butuhin nih… :)

    main ke blog ku ya…
    http://kimsanada.wordpress.com

  6. Februari 12, 2010 11:01 pm

    wah bagus juga mba.. terimakasih ya…

  7. kangtatang permalink
    April 26, 2010 5:44 pm

    Terimakasih untuk artikelnya :D
    ada satu pertanyaan, apakah kita lakukan proses diatas untuk semua partisi kita jika terdapat 4 partisi aktif di HDD kita?

    Terimakasih

    • April 27, 2010 11:25 am

      ia, tentunya.. prinsip software ini hanya menulis ulang partisi-partisi yang ada. Data yang hilang itu g benar2 hilang sebetulnya, bahkan setelah partisi pun masi ada. Cuman ada kekacauan pada medan2 di piringan hdd. :D

  8. Mei 6, 2010 12:07 am

    mas hdd ku gk ke detek//..
    tapi di bios masih ada….
    truz di slave tetep jg gk kebaca……
    di instal ulang tetep aja gk bisa…..
    karena gk ada partisinya…
    apabisa dengan cara di atas….
    masih bisa ya….

    • Mei 12, 2010 8:25 am

      coba pake gparted, kalo cara di atas bisa aja kalo emang udah pernah di install partisinya, jd cara di atas semacam merecover :D

  9. Mei 6, 2010 12:10 am

    maaf bukan mas ya….
    tapi mbak…. hehehe :lol: :lol: :lol:

  10. Nuel permalink
    September 18, 2010 12:12 pm

    Mas,,
    sy uda coba,, partisix bhasil q kembalikan,, tpi masalahx, data2 dalam partisi tadi hilang smua mas,,
    solusix gmna??
    Blas di emailq mas (nuelande@yahoo.Cnm)

  11. rina permalink
    Januari 29, 2011 10:20 pm

    kalo penggunaan untuk win xp gimana mas??

  12. Sams permalink
    September 13, 2011 2:26 pm

    thank’s buat informasinya…

  13. csarkhar permalink
    Oktober 5, 2011 3:57 pm

    sangat membantu,,,terimakasih

  14. noor permalink
    Oktober 28, 2011 1:55 pm

    saya cobain dulu ya mbak tutorial anda, bagaimanapun juga blog anda cukup membantu n’ smoga bermanfaat buat temen2 lainnya.maturnuwun

  15. patrick nugros permalink
    November 1, 2011 2:58 am

    super sekali sista ….

  16. Februari 14, 2012 6:50 am

    teh.,,kacau nii.,,gw lgi punya masalah yg persis kya gini.,tpi ug bkin tmbh masalah lgi gw ga terlalu ngerti bios.,,klo software serupa tpi yang tampilannya yang lebih gampang ada ga?.,
    please mhn bantuannya.,

    • Februari 15, 2012 7:25 am

      Tarik nafas dan baca. Itu gampang, gak perlu ngerti BIOS soalnya gak harus ngapa2in BIOS juga. Jangan terpengaruh sama penampilan yg hitam putih, lihatlah isinya,, haha:D

  17. theblackartphotoggraph permalink
    Maret 28, 2012 5:49 pm

    ttep ngk bisa..
    udh pke brbagai mcam software, tpi ngk ada hsil ny
    testdisk skalipun udh d coba
    waktu quick search partisi dd flash disk ane ngk ktemu, truz plih deeper search, tetep ngk ktmu juga
    klau kyak gtu gmana..?

    mhon bntuan scepetnya..

  18. theblackartphotograph permalink
    Maret 28, 2012 5:49 pm

    ttep ngk bisa..
    udh pke brbagai mcam software, tpi ngk ada hsil ny
    testdisk skalipun udh d coba
    waktu quick search partisi dd flash disk ane ngk ktemu, truz plih deeper search, tetep ngk ktmu juga
    klau kyak gtu gmana..?
    mhon bntuan scepetnya..

  19. Maret 19, 2013 3:37 pm

    I really was looking for strategies for my site and came across ur article, “Mengembalikan
    atau Menulis Kembali Partisi dengan Freeware Testdisk | my Pink notes
    :)” Window Treatments , do you mind in case I personally
    utilize several of ur concepts? Appreciate it ,Ute

  20. alma permalink
    September 29, 2013 6:06 am

    Terima kasih atas share ilmux yg sangat bermanfaat, sya mau tax, sya mengalami kasus spt ini : OS di Laptop sya sebelumx Win7, didlmnya ada 3 Partisi (C,D,E) Total Memory HDD : 500 GB, lalu waktu Instal OS Ubuntu10, partisi semua hilang, partisi yg muncul di OS Ubuntuku hanya 1 yaitu FileSystem, apakah bisa dikembalikan lagi di Ubuntu dgn TestDisk ini??? atas perhatiannya saya ucapkan banyak Terima Kasih.

  21. Juni 15, 2014 4:46 am

    mbak /buk saya mengalami kesalahan dalam instalasi di windows xp dia trinstal di system D bukan Di sytem C ,, jadi file file yang di D hilang semua jadi windows , bisakah saya pake software test disk win zip 6.10 untuk mengembalikan file saya ,,, mohon dibalas penting banget soalnya

  22. Juni 15, 2014 4:49 am

    mbak /buk saya mengalami kesalahan dalam instalasi di windows xp dia trinstal di system D bukan Di sytem C ,, jadi file file yang di partisi D hilang semua jadi windows , bisakah saya pake software test disk win zip 6.10 untuk mengembalikan file saya yang hilang di partisi D / sytem D ,,, mohon dibalas penting banget soalnya ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: